Bulan Sejarah Indonesia 2.0; Edit-a-thon data terstruktur & Kompetisi uji-baca Wikisource

Bulan Sejarah Indonesia 2.0
Sebagai bagian dari kampanye WikiSejarah, Wikimedia Indonesia mengadakan tantangan menulis artikel di Wikipedia bahasa Indonesia dengan tajuk Bulan Sejarah Indonesia 2.0. Tantangan ini mengundang para Wikipediawan Indonesia untuk menulis artikel apa saja, terutama yang berkaitan dengan topik sejarah Indonesia. Tantangan ini dimulai pada 1 Oktober dan berakhir pada 31 Oktober 2020, menghasilkan 27 artikel baru yang dibuat oleh enam kontestan.

Bulan Sejarah Indonesia 2.0 adalah lanjutan dari program yang sama tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan Wikimedia Nederland.

Edit-a-thon data terstruktur

Wikimedia Nederland dan Museum Nasional Kebudayaan Dunia telah dengan murah hati mempublikasikan sejumlah foto ke Wikimedia Commons terkait dengan Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan. Foto tersebut diunggah ke Category: File NMVW Kemerdekaan Indonesia 2020-09 di Wikimedia Commons, total ada 376 gambar pada September 2020.

Untuk memanfaatkan gambar tersebut, Wikimedia Indonesia menyelenggarakan edit data terstruktur yang mengundang Wikimediwan Indonesia untuk menambahkan data gambar dan teks ke gambar dengan menggunakan alat ISA. Edit-a-thon dimulai pada bulan September dan berakhir pada 30 Oktober 2020.

Ada 13 kontestan yang berpartisipasi, 12.244 kontribusi dibuat selama acara, dan 4.083 pengeditan dilakukan untuk menambah / mengubah data teks. Untuk statistik lebih detail, lihat infografis besutan GLAM Indonesia ini di Twitter kami.

Kompetisi Uji-baca Wikisource
Kompetisi Uji-baca di Wikisource Indonesia mengoreksi Boekoe Peringatan dari Staatsspoor-en Tramwegen di Hindia-Belanda 1875-1925. Kontes dimulai pada September hingga Oktober 2020. Enam pengguna Wikisource berpartisipasi dalam kompetisi ini dan menghasilkan 56 halaman buku yang divalidasi.

%d blogger menyukai ini: