Mitra baru GLAM mendonasikan datanya; Pengeditan data terstruktur Commons

Mitra baru GLAM mendonasikan datanya

Pada Agustus 2020, D’Topeng Kingdom Foundation bergabung dalam kemitraan GLAM Indonesia. D’Topeng Kingdom Foundation merupakan organisasi yang membawahi beberapa lembaga GLAM lokal di beberapa tempat di Indonesia, seperti Museum Seni Islam Indonesia, Museum Pusaka Indonesia, dan Museum Sejarah Jawa. Museum-museum ini dengan anugrah menyumbangkan foto-foto benda museum kepada Commons untuk memperkaya warisan Indonesia di Internet. Selain itu, foto-foto tersebut akan diikutsertakan dalam Retas Budaya Festival bulan ini, acara yang diselenggarakan oleh Goethe-Institut Indonesia bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Wikimedia Indonesia, Asosiasi Game Indonesia (Asosiasi Game Indonesia), Elex Media Komputindo, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Pengeditan data terstruktur Commons

Di bulan Agustus juga, Wikimedia Indonesia dan Wikimedia Nederland telah bekerja sama dalam program WikiSejarah. Salah satu inisiatifnya adalah dengan menyediakan lebih banyak konten melalui Wikimedia Commons, yaitu konten yang relevan dengan sejarah Indonesia yang disimpan dalam koleksi budaya institusi GLAM di Belanda.

Wikimedia Nederland telah membantu memasukkan ratusan foto dan video yang berkaitan dengan Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan ke dalam Wikimedia Commons. Seperangkat foto Bukittinggi, Batavia dan Yogyakarta dari koleksi Institut Kajian Asia Tenggara dan Karibia Kerajaan Belanda yang saat ini disimpan oleh Perpustakaan Universitas Leiden kini tersedia. Selain itu, materi video yang diproduksi oleh departemen propaganda administrasi militer Jepang selama Perang Pasifik, ketika bekas Hindia Belanda diduduki oleh Jepang sekarang tersedia di Commons berkat Nederlands Instituut voor Beeld en Geluid (Institut Suara dan Visi Belanda). Tak hanya foto dan video itu, Nationaal Museum van Wereldculturen (Museum Nasional Kebudayaan Dunia) menyimpan ratusan koleksi fotonya yang menggambarkan Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan.

Untuk membantu agar koleksi lebih mudah dicari, Wikimedia Indonesia mengadakan kampanye yang mengundang relawan di Indonesia untuk menambahkan data terstruktur ke setiap file. Data ini terdiri dari caption dan gambar (P180).