Kolaborasi WMID & WMNL & Film Propaganda Jepang

Kolaborasi WMID & WMNL dalam rangka Bulan Sejarah Oktober

Pada bulan Oktober 2020, Holland Open Air Museum akan menyelenggarakan Bulan Sejarah dengan tema Timur / Barat, oleh karena itu bulan Oktober juga didedikasikan untuk Bulan Sejarah di Wikipedia Belanda. Dalam konteks bulan sejarah, Wikimedia Indonesia dan Wikimedia Belanda bekerja sama untuk membuat lebih banyak konten tersedia melalui Wikimedia. Ini menyangkut konten yang relevan dengan sejarah Indonesia yang disimpan dalam koleksi budaya Belanda yang tersedia melalui Wikimedia.

Misalnya, Jurusan Koleksi Istimewa Perpustakaan Universitas Leiden University, menyimpan koleksi foto-foto bersejarah dari beberapa kota besar di Indonesia. Wikimedia Indonesia bertanya kepada komunitas mereka, gambar manakah yang akan berharga untuk ditambahkan ke Wikimedia Commons. Sebanyak 154 gambar kota Padang, Jakarta, dan kota lainnya diunggah oleh staf perpustakaan. Gambar-gambar ini akan dijelaskan oleh anggota komunitas Wikimedia Indonesia selama edit-a-thon dan data terstruktur akan ditambahkan menggunakan alat ISA. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi halaman proyek Wikimedia Indonesia.

Donasi konten film propaganda Jepang

File:Jaesjo.webm

Salah satu filmnya adalah lagu propaganda ‘Jaesjo’ yang dinyanyikan oleh paduan suara

Netherlands Institute for Sound and Vision membuat koleksi 63 film yang diproduksi oleh departemen administrasi militer Jepang selama Perang Pasifik ketika bekas Hindia Belanda (sekarang Indonesia) diduduki oleh Jepang, tersedia melalui Wikimedia Commons. Tak lama setelah penyerahan Jepang pada tanggal 15 Agustus 1945, sejumlah besar film disita dan akibatnya dikirim ke Belanda oleh otoritas Belanda yang kembali. Hak cipta Jepang telah kedaluwarsa yang membuat film tersedia di domain publik dan cocok untuk ditambahkan ke Wikimedia Commons. Film-film itu semuanya berisi deskripsi isi Belanda yang rumit. WMIN sedang mencari cara untuk menerjemahkan deskripsi ini ke Bahasa Indonesia.